Jumat, 13 April 2012

Suzuki SX4 VS Suzuki Swift GT3


Suzuki memposisikan SX4 X-Over sebagai crossover yang menantang Nissan Livina X-Gear, Toyota Rush, dan Daihatsu Terios. Namun sesungguhnya SX-4 juga telah menggerogoti penjualan saudaranya sendiri, Swift.  Tidak sedikit pembaca Auto Bild yang bertanya ke redaksi, apakah ia harus memilih SX4 atau Swift.


Meski bentuknya sa ngat berbeda, SX4 dan Swift ternyata berbagi banyak komponen yang sama. Utamanya di sektor mesin dan suspensi. Bahkan desain instrumennya pun hanya berbeda tipis.


Tapi dengan harga lebih rendah Rp 4 juta Swift sudah tampil dalam form terlengkap, yakni va rian GT3. Selain mendapat transmisi otomatis, GT3 seharga Rp 197,5 juta juga memiliki body kit lengkap yang membedakannya dari Swift biasa.


Selain itu, walaupun bermesin sama persis, torsi yang dimiliki Swift lebihbesar 10 Nm dibanding SX4. Angka itu memang terasa kecil. Namun ketika dikombinasikan dengan bobot 130 kg lebih ringan, akselerasi Swift matik tak berbeda jauh dibanding SX4 manual.


Secara umum, Swift lebih tepat ditujukan bagi pengemudi antusias. Apalagi versi GT3 ini sudah dilengkapi ban 17 inci Bridgestone Potenza GIII. Daya cengkeramnya luar biasa, dan hebatnya bantingan masih terasa nyaman.


SX4 sendiri tidak mau kalah. Masuklah ke dalam kabinnya, dan akan terasa pemilihan bahan serta desainnya jauh lebih elegan dari Swift. Head unit terintegrasinya terlihat rapi dan paduan krom di dasbor menambah kesan mewah.


Kelebihan lain dari SX4 adalah ground clearance 30 mm lebih tinggi. Dipadu ban berukuran lebih tebal, SX4 pun tak akan bermasalah diajak melewati jalan rusak atau bergelombang. Bantingannya terasa sedikit lebih keras dari Swift, namun kestabilannya juga sangat baik.


Tenaga dan akselerasi yang dihasilkan SX4 memang tidak fenomenal. Tapi tarikannya masih terasa jauh lebih positif ketimbang versi otomatis. Satu yang agak mengganggu, pilar A sangat tebal sehingga merepotkan saat jalan menikung ke kanan.


Mengenai akomodasi, bagasi dan ruang kaki belakang SX4 juga sedikit lebih besar. Yang menyenangkan lagi, dengan konsumsi bbm tak berbeda jauh dari Swift, SX4 memiliki tangki bensin 5 liter lebih besar. Hal ini membuat jarak tempuh luar kota bisa bertambah sekitar 70 km.


Baik Swift maupun SX4 sama-sama sudah dilengkapi foglamp. Namun SX4 masih memiliki kelebihan karena lampu depannya memakai tipe HID Xenon. Dan di tipe facelift ini SX4 sudah dilengkapi dengan on-board-computer yang tersemat dalam panel instrumen.

   SUZUKI SX4
X-OVER
 SUZUKI
SWIFT GT3
Harga on-the-road  Rp 205.2 jutaRp 190.1 juta
 Panjang/wheelbase4.135 mm/2.500 mm3.650 mm/2.380 mm
 Lebar/tinggi1.755 mm/1.605 mm 1.690 mm/1.500 mm
 Mesin/kapasitas4 inline/1.490 cc4 inline/1.490 cc
 Tenaga maksimum109 dk/6.000 rpm100 dk/6.000 rpm
 Torsi maksimum133 Nm/4.000 rpm143 N autom/4.400 rpm
 Transmisi5-spd manual/fwd4-spd/rwd
 Kapasitas tangki/ban serep50 liter/space saver45 liter/full size
 Bobot1.210 kg1.080 kg
 Ground clearance175 mm145 mm
   
 0-100 km/jam 11,5 detik11,3 detik
 60-80 km/jam (gigi 3)4,3 detik3,2 detik*
 80-100 km/jam (gigi 4)5,1 detik3,4 detik*
 100-120 km/jam (gigi 5)7,2,1 detik  4,9 detik*
Konsumsi bbm tol/kombinasi16,5/10,5 km/l18,2/11,5 km/l
   
 Airbag/ABS/EBD Ada/ada/adaTidak/tidak/tidak
 AC/double blower/climate controlAda/tidak/tidakAda/tidak /tidak
 Pelek alloy/cat metalik/foglampAda/ada/adaAda/ada/ada
 Sunroof/jendela/spion elektrikTidak/ada/adaTidak/ada/ada
 Central door lock/foot restAda/adaAda/ada
 Armrest depan/belakang/vanity mirrorAda/ada/adaTidak/tidak/ada
 Girboks otomatis/head unit integrated/CD playerAda/ada /adaTidak/tidak /ada
 Seatbelt depan/tengahAda/adaAda/ada
 Tripmeter digital/wiper belakang/sensor parkirAda/ada/tidakAda/ada/tidak
 Remote kunci/alarm/komputer on-boardAda/tidak/adaAda/tidak/tidak
 Setir adjustable reach/rakeTidak/adaTidak/ada
 Lampu proyektor/roof rack/sein spionAda/ada/tidakTidak/tidak /tidak
   RATING AUTO BILD
 Mesin/performa  *** **** 
 Ride/handling **** **** 
 Desain ***** *** 
 Fun to drive *** ***** 
 Value for money ****  *** 
   Catatan: * = kickdown

Kesimpulan
Bagi pengemudi antusias, Swift adalah pilihan yang lebih tepat. Mobil ini berakselerasi lebih baik, menikung dengan daya cengkeram tinggi, serta enteng dikendalikan. Apalagi sudah memakai transmisi otomatis yang membuat nyaman di kemacetan. 

Tapi bila keasyikan mengemudi seperti itu bukanlah prioritas utama, SX4 merupakan produk yang lebih dewasa, lengkap, dan berkualitas. Meski dengan harga mirip Swift, Anda hanya mendapat transmisi manual. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar