Meski bentuknya sa ngat berbeda, SX4 dan Swift ternyata berbagi banyak komponen yang sama. Utamanya di sektor mesin dan suspensi. Bahkan desain instrumennya pun hanya berbeda tipis.
Tapi dengan harga lebih rendah Rp 4 juta Swift sudah tampil dalam form terlengkap, yakni va rian GT3. Selain mendapat transmisi otomatis, GT3 seharga Rp 197,5 juta juga memiliki body kit lengkap yang membedakannya dari Swift biasa.
Selain itu, walaupun bermesin sama persis, torsi yang dimiliki Swift lebihbesar 10 Nm dibanding SX4. Angka itu memang terasa kecil. Namun ketika dikombinasikan dengan bobot 130 kg lebih ringan, akselerasi Swift matik tak berbeda jauh dibanding SX4 manual.
Secara umum, Swift lebih tepat ditujukan bagi pengemudi antusias. Apalagi versi GT3 ini sudah dilengkapi ban 17 inci Bridgestone Potenza GIII. Daya cengkeramnya luar biasa, dan hebatnya bantingan masih terasa nyaman.
SX4 sendiri tidak mau kalah. Masuklah ke dalam kabinnya, dan akan terasa pemilihan bahan serta desainnya jauh lebih elegan dari Swift. Head unit terintegrasinya terlihat rapi dan paduan krom di dasbor menambah kesan mewah.
Kelebihan lain dari SX4 adalah ground clearance 30 mm lebih tinggi. Dipadu ban berukuran lebih tebal, SX4 pun tak akan bermasalah diajak melewati jalan rusak atau bergelombang. Bantingannya terasa sedikit lebih keras dari Swift, namun kestabilannya juga sangat baik.
Tenaga dan akselerasi yang dihasilkan SX4 memang tidak fenomenal. Tapi tarikannya masih terasa jauh lebih positif ketimbang versi otomatis. Satu yang agak mengganggu, pilar A sangat tebal sehingga merepotkan saat jalan menikung ke kanan.
Mengenai akomodasi, bagasi dan ruang kaki belakang SX4 juga sedikit lebih besar. Yang menyenangkan lagi, dengan konsumsi bbm tak berbeda jauh dari Swift, SX4 memiliki tangki bensin 5 liter lebih besar. Hal ini membuat jarak tempuh luar kota bisa bertambah sekitar 70 km.
Baik Swift maupun SX4 sama-sama sudah dilengkapi foglamp. Namun SX4 masih memiliki kelebihan karena lampu depannya memakai tipe HID Xenon. Dan di tipe facelift ini SX4 sudah dilengkapi dengan on-board-computer yang tersemat dalam panel instrumen.
SUZUKI SX4 X-OVER | SUZUKI SWIFT GT3 | |
Harga on-the-road | Rp 205.2 juta | Rp 190.1 juta |
Panjang/wheelbase | 4.135 mm/2.500 mm | 3.650 mm/2.380 mm |
Lebar/tinggi | 1.755 mm/1.605 mm | 1.690 mm/1.500 mm |
Mesin/kapasitas | 4 inline/1.490 cc | 4 inline/1.490 cc |
Tenaga maksimum | 109 dk/6.000 rpm | 100 dk/6.000 rpm |
Torsi maksimum | 133 Nm/4.000 rpm | 143 N autom/4.400 rpm |
Transmisi | 5-spd manual/fwd | 4-spd/rwd |
Kapasitas tangki/ban serep | 50 liter/space saver | 45 liter/full size |
Bobot | 1.210 kg | 1.080 kg |
Ground clearance | 175 mm | 145 mm |
0-100 km/jam | 11,5 detik | 11,3 detik |
60-80 km/jam (gigi 3) | 4,3 detik | 3,2 detik* |
80-100 km/jam (gigi 4) | 5,1 detik | 3,4 detik* |
100-120 km/jam (gigi 5) | 7,2,1 detik | 4,9 detik* |
Konsumsi bbm tol/kombinasi | 16,5/10,5 km/l | 18,2/11,5 km/l |
Airbag/ABS/EBD | Ada/ada/ada | Tidak/tidak/tidak |
AC/double blower/climate control | Ada/tidak/tidak | Ada/tidak /tidak |
Pelek alloy/cat metalik/foglamp | Ada/ada/ada | Ada/ada/ada |
Sunroof/jendela/spion elektrik | Tidak/ada/ada | Tidak/ada/ada |
Central door lock/foot rest | Ada/ada | Ada/ada |
Armrest depan/belakang/vanity mirror | Ada/ada/ada | Tidak/tidak/ada |
Girboks otomatis/head unit integrated/CD player | Ada/ada /ada | Tidak/tidak /ada |
Seatbelt depan/tengah | Ada/ada | Ada/ada |
Tripmeter digital/wiper belakang/sensor parkir | Ada/ada/tidak | Ada/ada/tidak |
Remote kunci/alarm/komputer on-board | Ada/tidak/ada | Ada/tidak/tidak |
Setir adjustable reach/rake | Tidak/ada | Tidak/ada |
Lampu proyektor/roof rack/sein spion | Ada/ada/tidak | Tidak/tidak /tidak |
RATING AUTO BILD | ||
Mesin/performa | *** | **** |
Ride/handling | **** | **** |
Desain | ***** | *** |
Fun to drive | *** | ***** |
Value for money | **** | *** |
Catatan: * = kickdown |
Kesimpulan Bagi pengemudi antusias, Swift adalah pilihan yang lebih tepat. Mobil ini berakselerasi lebih baik, menikung dengan daya cengkeram tinggi, serta enteng dikendalikan. Apalagi sudah memakai transmisi otomatis yang membuat nyaman di kemacetan. Tapi bila keasyikan mengemudi seperti itu bukanlah prioritas utama, SX4 merupakan produk yang lebih dewasa, lengkap, dan berkualitas. Meski dengan harga mirip Swift, Anda hanya mendapat transmisi manual. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar