Rabu, 31 Oktober 2012

All New SWIFT My Day


Usai tampil di booth Suzuki di IIMS 2012, smart key milik Swift GX berkelir Ablaze Red Pearl langsung masuk ke saku jeans Auto Bild. Injak pedal kopling lalu tekan tombol start di dasbor dan mesin K14B langsung menyalak.

Kehadiran tombol menyalakan/mematikan mesin ini memberikan aura sport yang kuat. Andai saja fitur itu absen, maka kesan yang muncul seperti me­ngendarai Suzuki Ertiga GX. Soalnya, layout dasbor, instrumen dan head unit terlihat begitu mirip banget dengan Ertiga yang laris manis itu.

Kesan sport makin menguat saat mobil berjalan. Suspensi MacPherson sturt dan torsion beam bantingannya cukup keras. Untungnya masih dalam batas yang normal. Ini karakter dari Swift, gene­rasi sebelumnya beha­viour-nya juga sama.

Makanya pengendalian Swift terbaru ini sangat renyah. Maksudnya, ia begitu stabil saat melaju di kecepatan tinggi (100-120 km/jam) dan menikung cepat (60-70 km/jam). Apalagi setirnya enak digenggam dan presisi. Tampaknya teknologi Variable Gear Ratio yang bisa mengubah sudut ban dengan cepat kala merespons kemudi bekerja dengan baik.

 
Perpindahan tuas transmisi manual 5-speed pun bisa dilakukan dengan cepat. Yang menyenangkan lagi, injakan pedal kopling terasa ringan sehingga mengurangi beban pada kaki kiri saat terjebak macet akibat demonstrasi buruh kemarin.

Walau kapasitas mesinnya lebih kecil dari Swift sebelumnya, bukan berarti performanya menjadi kurang bertaji. Mesin K14B 1.372 cc berteknologi VVT yang ringan dan kompak ternyata tetap memberikan kesenangan berkendara.

Tenaga di putaran ba­wah sangat melimpah. Aksi sprint 0-100 km/jam bisa diselesaikan dalam 10,2 Detik. Saat melakukan akselerasi putaran menengah (gigi 3) pun enggak ada gejala kehabisan nafas. Cuma padatnya traffic jalan tol pada malam itu yang membatasi eksplorasi mesin hingga puncak.


Yang menyenangkan konsumsi BBM-nya. Untuk rute dalam kota dengan kecepatan rata-rata 24,3 km/jam Swift terbaru ini bisa mencetak angka 16,2 km/liter. Ini menjadikannya tunggangan yang menyenangkan buat dipakai sehari-hari di wilayah dengan tingkat kemacetan tinggi seperti Jakarta.

Asyiknya lagi, semua kenikmatan ini bisa didapatkan dengan harga yang ramah dompet. Pasalnya, Suzuki Indomobil Sales (SIS) men-set harga Swift baru Rp 13 juta lebih murah diban­ding pendahulunya.

Suzuki Swift 1.4 GX MT  
 Harga  Rp 169,6 juta
 Mesin/kapasitas  4 inline/1.372 cc
 Tenaga maksimum  95 dk/6.000 rpm
 Torsi maksimum  130 Nm/4.000 rpm
 Transmisi Manual  5-speed/FWD
 Dimensi (P x T x L)  3.850 x 1.695 x 1.510 mm
 Wheelbase  2.430 mm
 Kapasitas tangki/ban serep  42 liter/Full size
 Ground clearance  140 mm
 Ukuran ban  185/55 R16
 Bobot  980 kg
 PERFORMA 
 0-100 km/jam  10,2 detik
 60-80 km/jam (gigi 3)  3,97 detik
 80-100 km/jam (gigi 4)  5,68 detik
 100-120 km/jam (gigi 5)  9,98 detik
 RPM @ 100 km/jam  2.650 rpm
 Pengereman (100-0 km/jam)  48 meter 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar